Panduan Pendaftaran Online SNMPTN 2017/2018

Informasi yang akan disampaikan oleh admin kali ini berjudul Panduan Pendaftaran Online SNMPTN 2017/2018. Informasi ini diberikan sebagai panduan bagi anda yang akan mendaftar SNMPTN. Ingin tahu informasi selengkapnya! Ayo ikuti pembahasannya berikut ini.

http://www.infopendidikan.net/2015/08/panduan-pendaftaran-online-snmptn.html
SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan yang merupakan jalur nasional yang bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik yang dilihat dari nilai raport selama 5 semester (bagi siswa SMA/MA, SMK yang lama masa pendidikannya 3 Tahun) atau selama 7 semester (bagi SMK yang lama masa pendidikannya 4 Tahun).

Siswa / siswi yang secara konsisten menunjukkan kenaikan prestasinya mulai dari kelas X sampai kelas XII semester satu, maka akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN dan akan diterima jika memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia SNMPTN.

Selain itu, SNMPTN juga disebut jalur undangan karena hanya siswa-siswi yang mendapatkan undanganlah yang berhak untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Bagi siswa-siswa yang tidak mendapatkan undangan, maka tidak bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

Jalur SNMPTN adalah jalur seleksi nasional yang pertama kali dibuka. Setelah Pendaftaran SNMPTN ini berakhir, dalam artian telah sampai pada tahap Pengumuman Kelulusan SNMPTN, maka nantinya akan dibuka jalur seleksi nasional lainnya yaitu jalur SBMPTN. Bagi siswa-siswi yang tidak bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Sedikit kata-kata Motivasi untuk Anda (calon mahasiswa baru) : Pada saat Pengumuman Kelulusan UN atau Kelulusan Sekolah tingkat SMA / MA sederajat, ketika anda dinyatakan lulus, pada saat itu anda langsung merasa bangga pada diri anda. Anda boleh berbangga diri, namun jangan berlebihan. Anda akan lebih bangga pada diri anda ketika anda dinyatakan lulus seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri impian anda. Disitulah anda boleh merasa bangga, namun tetap tidak boleh sombong.

Itulah sedikit tentang kata-kata motivasi untuk anda. Baiklah, kita lanjutkan kembali pembahasan utama kita tentang Panduan Pendaftaran Online SNMPTN.

SNMPTN pada saat ini telah menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru paling favorit. Hal ini terlihat dari kuota penerimaannya. Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN memberikan kuota terbanyak yaitu sebanyak 40 % dari keseluruhan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan 60 % lainnya untuk penerimaan mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SBMPTN (30 %) dan jalur mandiri PTN (30 %).

Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya bahwa peserta SNMPTN ini sangat banyak, sehingga mereka semua menjadi pesaing anda, bahkan teman anda sendiri yang memilih Program Studi yang sama dengan anda adalah pesaing anda.

Selain itu pula, perlu diingat bahwa pesaing anda adalah siswa-siswi dari berbagai sekolah di Indonesia. Tentunya mereka semua memiliki tingkat kemampuan akademik yang berada di atas rata-rata. Namun anda harus tetap optimis karena yang menentukan Kelulusan SNMPTN adalah panitia SNMPTN. Tunggu saja nanti pada saat Pengumuman SNMPTN, apakah anda lulus atau tidak.

Jika anda lulus SNMPTN berarti anda dinyatakan telah memenuhi kriteria penerimaan SNMPTN, dan jika anda lulus berarti anda tidak memenuhi kriteria penerimaan SNMPTN. Bagi yang tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi SBMPTN.

Baiklah, kita langsung saja akan membahas tentang Panduan Pendaftaran Online SNMPTN. Admin akan menguraikan pembahasan ini mulai dari pendaftaran bidikmisi jalur SNMPTN, pendaftaran SNMPTN oleh sekolah, pendaftaran SNMPTN oleh siswa, jadwal pelaksanaan SNMPTN, tahapan seleksi SNMPTN, persyaratan pendaftaran SNMPTN, jumlah pilihan PTN dan program studi  SNMPTN, biaya seleksi SNMPTN sampai ke daftar nama-nama PTN di indonesia yang tergabung dalam SNMPTN.

Pendaftaran Bidikmisi Jalur SNMPTN

Calon peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan Bidikmisi. Pendaftaran Bidikmisi diawali oleh sekolah yang merekomendasikan para siswanya. Operator Sekolah membuka situs pendaftaran Bidikmisi untuk sekolah yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian klik login sekolah. Isi data sekolah dan data siswa yang akan mengikuti Bidikmisi.

Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian klik login siswa. Siswa login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang telah didapatkan dari sekolah. Isi biodata anda dengan lengkap dan benar. Setelah selesai mengisi data, lalu cetak kartu peserta Bidikmisi, dan selanjutnya anda bisa mendaftarkan diri mengkuti seleksi SNMPTN.

Informasi lengkap mengenai Bidikmisi, seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, dan lain-lain telah admin rangkum pada artikel kami lainnya yang berjudul Panduan Pendaftaran Online Bidikmisi. Silahkan klik pada judul tersebut.

Tata Cara Mengikuti SNMPTN

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) tahap pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) tahap pendaftaran oleh siswa. Berikut ini penjelasannya. 

Tata Cara Pengisian PDSS Oleh Sekolah Pada SNMPTN

  • Kepala Sekolah atau yang mewakili membuka situs pangkalan data, yaitu : pdss.snmptn.ac.id
  • Kemudian mendaftarkan nama-nama siswa dan mengisi data siswa yang akan ikut seleksi jalur SNMPTN pada alamat situs tersebut.
  • Nantinya Kepala Sekolah akan mendapatkan NISN dan Password.
  • Kepala Sekolah memberikan NISN dan Password kepada siswa
  • Siswa melakukan verifikasi terhadap data yang telah diisikan oleh kepala sekolah pada PDSS.
  • Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data tersebut telah dianggap benar.
  • Selanjutnya siswa peserta SNMPTN akan melakukan pendaftaran SNMPTN sendiri.

Tata Cara Pendaftaran Online Oleh Peserta SNMPTN Pada SNMPTN

  • Buka situs resmi pendaftaran SNMPTN, yaitu web.snmptn.ac.id
  • Login menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah
  • Mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  • Khusus siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni, diwajibkan mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah
  • Periksalah kembali kebenaran pengisian data diri anda.
  • Jika telah selesai, cetaklah kartu tanda peserta SNMPTN 2017

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN

Untuk bisa mengikuti SNMPTN, maka harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran SNMPTN. Persyaratan pendaftaran SNMPTN diperuntukkan bagi sekolah dan siswa peserta SNMPTN. Penjelasan secara rinci sebagai berikut.

Persyaratan Sekolah

  • SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta, termasuk sekolah Republik Indonesia di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Peserta SNMPTN

  1. Siswa-siswi yang akan lulus dari SMA/MA/SMK pada tahun 2017
  2. Memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
  • akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
  • akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
  • akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
  • akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya
  • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2017/2018

    • Pengisian dan Verifikasi PDSS pada 18 Januari - 20 Februari
    • Pendaftaran Online SNMPTN pada 29 Februari - 12 Maret
    • Pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN pada 22 Maret - 21 April
    • Proses seleksi dilakukan pada 24 Maret - 8 Mei
    • Pengumuman Kelulusan SNMPTN pada 9 Mei pada jam 13 WIB. Cara melihat pengumuman SNMPTN klik disini / disini / disini / disini. Kunjungi masing-masing link tersebut untuk mengetahui informasi selengkapnya. 
    • Untuk jadwal 2017 belum tersedia

    Tahapan Seleksi SNMPTN

    • Siswa Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
    • Siswa yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

    Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi pada SNMPTN

    • Setiap Siswa Peserta SNMPTN bisa memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. 
    • Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan Sekolah asalnya.
    • Apabila memilih 1 (satu) PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
    • Siswa Peserta SNMPTN dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
    • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
    • Siswa SMK/MAK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.

    Biaya Seleksi SNMPTN

    Perlu diketahui bahwa biaya pendaftaran SNMPTN telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta SNMPTN tidak perlu lagi membayar biaya pendaftaran. Hal ini memberikan keringanan kepada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

    Daftar Nama-nama PTN se-Indonesia yang Tergabung dalam SNMPTN

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Panduan Pendaftaran Online SNMPTN 2017/2018"

    Posting Komentar