Pendaftaran Tamtama TNI AD 2017/2018

Pendaftaran Tamtama PK TNI AD 2017/2018

rekrutmen-tni.mil.id -- Pendaftaran Online Tamtama TNI AD, Syarat Pendaftaran Tamtama TNI AD, Pendaftaran Catam TNI AD, Penerimaan Calon Tamtama TNI AD, Pendaftaran Secatam TNI AD, Pembukaan Pendaftaran Calon Tamtama TNI AD, Pendaftaran Tamtama Prajurit Karier TNI AD, TNI Angkatan Darat, 2017/2018

Pada kesempatan yang baik ini, admin infopendidikan.net akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Tamtama TNI AD 2017/2018. Informasi ini diberikan dengan harapan semoga bisa membantu anda dalam proses melakukan pendaftaran sebagai calon Tamtama TNI AD. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

TNI AD atau TNI Angkatan Darat atau Tentara Nasional Indoesia Angkatan Darat adalah angkatan perang Indonesia yang bertugas menjaga keamanan wilayah Indonesia di bagian darat yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

TNI AD harus memiliki jumlah personel yang banyak untuk menjaga keamanan diwilayah darat Indonesia. Dengan banyaknya personel tersebut semoga wilayah Indonesia tercinta ini aman dari segala yang membahayakan Negara.

Untuk menambah kebutuhan jumlah personel, maka TNI membuka penerimaan anggota baru untuk mengisi posisi sebagai Perwira Prajurit Karier, Bintara Prajurit Karier, dan Tamtama Prajurit Karier. Penjelasan mengenai Perwira Prajurit Karier dan Bintara Prajurit Karier untuk TNI AD telah dibahas pada artikel kami lainnya. Silahkan klik link aktif tersebut untuk membacanya. Pada artikel ini yang dibahas adalah Tamtama Prajurit Karier TNI AD.

Penerimaan Calon Tamtama (Catam) dibuka untuk lulusan minimal SMP / Tsanawiyah / Setara. Bagi anda yang memenuhi kualifikasi tersebut serta memenuhi persyaratan lainnya, silahkan daftarkan diri anda sesuai ketentuan yang berlaku. Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya anda memperhatikan persyaratan pendaftaran berikut ini.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Republik Indonesia, Laki-laki dan bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.
  4. Umur minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan
  5. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkaca mata.
  6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  7. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri (dilengkapi saat calon mengikuti pemeriksaan Psikologi).
Persyaratan Lainnya
  1. Lulusan minimal SMP / Tsanawiyah atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan / terakreditasi.
  2. Belum pernah menikah dan sanggup tidak meniah selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi prajurit.
  3. Memiliki tinggi badan paling rendah 163 cm serta memiliki berat badan ideal
  4. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
  5. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  6. Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003). Surat persetujuan orang tua yang menggunakan perwalian dapat ditetapkan oleh kecamatan setempat.
  7. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.: Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Wawancara, Psikologi.
Persyaratan Tambahan
  1. Harus ada surat persetujuan orang tua atau wali. Orang tua atau wali selama proses penerimaan prajurit TNI AD tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerima.
  2. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.
  3. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  4. Bagi yang sudah bekerja :
  • Melampirkan surat persetujuan / ijin dari kepala dinas / jawatan / Instansi yang bersangkutan.
  • Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Tamtama PK TNI AD.
  • Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.
  • Bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung, apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut diketemukan di kemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama
  • Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi, baik persyaratan umum, persyaratan khusus, maupun persyaratan tambahan. Anda dapat mempersiapkan persyaratan-persyaratan tersebut mulai dari sekarang, sehingga pada waktu pendaftaran dibuka, anda dapat langsung mendaftar. Pendaftaran dilakukan secara online melalui cara berikut ini.


    Cara Pendaftaran Tamtama TNI AD
    • Calon Tamtama (Catam) membuka alamat http://rekrutmen-tni.mil.id/
    • Pilih menu pendaftaran Tamtama TNI AD
    • Klik menu "daftar"
    • Isilah biodata pendaftaran awal berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, NIK / Nomor KTP, Jenis kelamin, Email, dan isi kode validasi yang terlihat
    • Jika telah selesai mengisi data tersebut, selanjutnya klik tombol "daftar" yang ada dibagian bawah
    • Password akan ditampilkan setelah Anda mengisi form dengan benar
    • Selanjutnya anda akan mendapatkan password yang nantinya dapat digunakan  untuk login. Selain itu, password juga akan dikirimkan ke alamat email anda.
    • Buka kembali alamat http://rekrutmen-tni.mil.id/ untuk login dengan mengisi email / usernama dan password. Lalu klik tombol "masuk"
    • Ikuti proses pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia sampai dengan mencetak hasil pendaftaran.
    • Bawa hasil Print Out dan bahan Administrasi untuk daftar ulang ke lokasi atau tempat pendaftaran.
    Jadwal Pelaksanaan
    Pendaftaran dibuka untuk dua gelombang. Berikut jadwalnya :
    • Gelombang I dibuka : 22 Februari - 5 Maret
    Sedangkan Gelombang II dibuka sekitar minggu keempat bulan September. Kepastian tanggal dapat dilihat pada waktunya.
    Sambil menunggu jadwal pasti, anda dapat melakukan berbagai latihan dalam rangka mempersiapkan fisik dan mental, serta kemampuan akademik untuk menghadapi berbagai pengujian yang diberikan oleh panitia seleksi. 

    Biaya Seleksi

    Biaya seleksi sebagai Calon Tamtama adalah gratis, karena telah ditanggng oleh pemerintah. Calon Tamtama  tidak akan dipungut biaya dalam bentuk apapun selama proses seleksi. Apabila ada oknum yang mengatas namakan panitia dan ingin meminta biaya, maka segera laporkan kepanitia terdekat.

    Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Tamtama TNI AD yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.  Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia.

    Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus berbagai pengujian/seleksi penerimaan calon Tamtama dan nantinya bisa diterima menjadi Tamtama TNI AD. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Pendaftaran Tamtama TNI AD 2017/2018"

      Posting Komentar