ads

Monday, February 25, 2019

Menyiapkan Guru Era Pendidikan 4.0


Menyiapkan Guru Era Pendidikan 4.0

Pendidikan sejatinya memberikan daya dukung untuk setiap perkembangan potensi sumberdaya manusia (SDM) supaya bisa berkembang sesuai dengan keadaan lingkungannya. 
Oleh sebab itu pendidikan pun perlu berupaya terus memberikan revolusi dalam semua aspek baik dari segi cara pembelajarannya atau dari segi sistem pendidikan.
Evolusi bidang pendidikan dan pembelajaran ini senantiasa disesuaikan dengan keadaan zaman. Seperti halnya saat ini  kita sudah memasuki era industri 4.0  yang ditandai dengan bermunculannya industri unicorn.
Dunia Pendidikan terus berkembang dengan banyaknya massive open online course atau (kursus/bimbingan online) dimana pendidikan tidak terikat dengan zonasi, tempat, ruangan, bahkan waktu. 
Yang sering dijadikan rujukan dalam mendapatkan informasi serta pembelajaran saat ini adalah  artificial intlligence (AI) atau laman penelusuran, dimana AI ini dikembangkan untuk membantu setiap individu dapat belajar dimana pun dan kapan pun dengan menyajikan informasi secara cepat.
Perubahan besar ini akan berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar, dimana proses belajar mengajar mengalami perubaha kearah pembelajaran Digital.
Pada kegiatan belajar mengajar Guru harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang multi-stimulasi sehingga lebih menyenangkan, menarik lebih fleksibel dalam memahami hal-hal baru dengan cepat. 
Fungsi guru bergeser secara fundamental dimana guru akan lebih sukses jika mengajarkan nilai-nilai etika, budaya, kebijaksanaan, pengalaman hingga empati sosial karena nilai-nilai itu tidak diajarkan oleh mesin.

Untuk menghadapi kemajuan teknologi yang luar biasa tersebut diperlukan pendampingan yang terus menerus terhadap Guru untuk mampuh membentuk kepribadian siswa yang tangguh dalam menghadapi era digital ini.
Selain itu dibutuhkan peran aktif semua pihak baik pendampingan orang tua, kearifan guru, dan kedewasaan masyarakat. Semoga dengan perlakukan tersebut kita mampu mewujudkan generasi emas Indonesia yang kelak akan meneruskan kita.

No comments:

Post a Comment